orang itu bernama Sudiman Riyanto Noto

kayaknya baru kemarin rasanya, jadi anak baru di unit ini...
unit yg punya tanggung jawab pada keselamatan penerbangan di Garuda Indonesia.
sebagai seorang Industrial Engineer, yang ada di kepala tentang keselamatan penerbangan ya K3... i had no idea regarding aviation safety....

Januari 2009, pertama kali jadi anggota unit ini... bengong... pasti lah..
ketika perkenalan struktural DV, diberi tahu bahwa ada Senior Manager di dalam unit ini yang merupakan Bapak nya Ririn Dwi Arianti... what? ada bapaknya artis disini... penasaran bok!

satu persatu struktural diperkenalkan ke kami, 5 orang anak baru itu...
and then, we met him... satu2nya orang yang kami anggap paling mirip dengan Ririn Dwi Arianti :D
dan... dia lah SM aku yg pertama ketika aku masuk dalam unit DVA-3
yeay... punya bos Captain pilot yang juga Bapaknya artis... hahahhaha

kesan pertama?
NAH, ada yang ga bakal aku lupain ketika aku kenal dengan Captain Sudiman Riyanto Noto ini..
beliau mengajak aku ikutan meeting, entah meeting apa waktu itu, kalau ngga salah DQM meeting.
sebagai new comer, dan ngga tau sama sekali tentang dunia penerbangan, tentu saja aku bengong di situ...
Capt. Sudiman waktu itu jelasin macem2 di tengah2 meeting, mungkin maksud beliau sbg "penerjemah" meeting tersebut shg aku bisa sedikit2 belajar.. (maaf Capt, bukan ga mau nih, tp saya bener2 ga mudeng waktu itu hehehe)
di tengah2 sedang menjelaskan sesuatu dgn serius, Capt Sudiman bertanya jg dengan muka serius, "Tan, ikut ya"... aku bengong... "Tan, ikut yuk..." kali ini beliau sambil berdiri dari kursi..
melihat perintah begitu, aku spontan siap2 ikut berdiri...sampai beliau bilang.. "ikut EEK"
whattt..... bgini ya bos eike... hahahhahahahhaha

itu pertama kali kesan yang ga terlupa...

kesan ga terlupa lagi?
oke, let me think about it..

yg jelas aku inget pertama kali aku dipeluk ama beliau
yaitu ketika Gathering DV pertama, biasa kita mengalungkan bolpen kepada orang yg kita adore..
aku mengalungkannya pada Capt. Sudiman



yah, for simple reason actually...
beberapa waktu kenal dengan beliau, entah kenapa aku saat itu menemukan sosok Bapak aku di diri beliau
itu terutama jg aku sadari ketika sadar umur beliau dan umur Bapak aku sama, bahkan cuma selisih hari
beliau ultah di tgl 9 Oktober, sedangkan Bapak ku ultah di 25 September... dengan tahun yg sama
sebagai orang yg merantau, meninggalkan kedua orang tua di kampung halaman, entah kenapa sosok Capt Sudiman sedikit mengingatkan aku dengan Bapak ku...
he's wise..

Capt Sudiman pula yg banyak memberi "tantangan" pada pekerjaan2 aku di kantor
aku ngerasa, akhirnya aku diberi kepercayaan penuh ketika aku dibebani utk revisi CQMSM (Corporate Quality Management System Manual)... finally, ada kepercayaan buat aku, walau berat..
dan, aku jg di "tantang" untuk membuat checklist SMS implementation audit DARI NOL... iya, dari nol... karena itu barang baru buat kami..
tentu saja jelas, banyak revisi yang diberikan oleh beliau, tp hal tersebut membuat aku merasa sangaat percaya diri pada waktu itu...

IOSA pertama 2010 dilewati ketika aku masih di DVA-3 dengan beliau sebagai SM nya...

IOSA 2010 as SM DVA

lembur


akhirnya, dia mencapai waktu yang disebut dengan "last flight" nya
dengan disambut oleh Bu Melly dan seluruh keluarganya, beliau "telah lulus" sebagai penerbang pesawat jumbo double deck B747-400
kami akhirnya bisa foto bersama dengan Ririn dan Aldi Bragi... ihihiihihiih (tetep)

momen demi momen sebenarnya tak bisa diceritakan disini
betapa ketika beliau menjadi atasan ku, beliau memberikan wejangan yang bagus, dukungan sbg atasan namun juga tidak sungkan utk kentut di sembarang tempat (maaf pak, hehehe)
atauuuu, ketika kita sedang serius diskusi dengan beliau, dia mendadak "bentar, aku pipis sik" 

namun, kenapa aku cerita ttg kentut itu...
karena menurut aku, hal itu adalah sesuatu yg hanya bisa dilakukan di depan keluarganya atau orang yg sudah dianggap keluarga...
yah, anggaplah bahwa kami di DV ternyata sudah dianggap keluarga besar bagi beliau sehingga beliau tidak sungkan utk melakukan hal itu :D :D

logat Malang nya yg kental jg selalu terdengar, yah tentu saja karena beliau adalah orang Malang tulen
tapi kalau boleh dibilang, yang paling khas adalah tawanya... tawanya begitu lepas... meski sudah di ruangan meeting, kita pasti tahu kalau beliau sedang tertawa
selain itu, beliau masih memiliki antusiasme utk melakukan hal2 yang berbau fisik... bahkan hingga Gathering 2014 yang lalu...
beliau sangat berjiwa muda... :D

siapa tuh yg gelantungan disanaaa? (note : Gathering 2009)
ini dia.....!!


karaokean di Gathering 2012
jujur memang, hubungan aku dengan Capt Sudiman tidak sedekat dulu ketika beliau menjabat sebagai Senior Manager Quality Assurance (sbg atasan aku) setelah beliau diangkat menjadi VP DV.
ya wajar lah, lingkup ruang kerja beliau semakin luas...

kembali pada perbandingan beliau dgn Bapak ku...

Bapakku berusia sama dengan beliau, dan ketika Capt Sudiman mendapatkan family surprise di The Peak, itu jg sedikit mengingatkan aku pada acara purna tugas Bapak di Solo....which I could not attend... hiks, nyesel banget kalau ingat..

oke, move on

aku menyaksikan dan memperhatikan bagaimana Bapak aku semakin bertambah usia, bagaimana beliau mudah lelah ketika sedang diajak bepergian, bagaimana beliau harus memperhatikan asupan makanan sehari2, bagaimana beliau mudah ngantuk, bagaimana kaki nya sakit apabila disuruh jalan jauh....

hal yang sama kuperhatikan pada diri Capt Sudiman

terkadang orang mengharap lebih kepada beliau utk melakukan tugas dan tanggung jawab lebih
yah, tentu saja dengan posisi yang ada di diri beliau sekarang, tuntutannya sangat tinggi.
namun, mengesampingkan segala kritikan terhadap beliau....
aku hanya coba melihatnya dari sisi seorang manusia yang sudah berumur lebih dari 60
yang pasti juga mudah ngantuk, mudah lelah, sama persis dengan apa yang dialami Bapak....
terkadang aku memperhatikan jg, makanan beliau sudah terbatas, bahkan sering membawa bekal
minuman pun sudah tidak berani manis, kopi plus creamer tanpa gula, itu favoritnya... 
hebatnya, beliau masih antusias utk join acara2 yg butuh fisik lumayan, seperti Gathering 2014 terakhir kemarin
beliau masih ikut adegan tarik menarik, joget2 dsb...
coba liat itu siapa yg gelantungan?
 
ini dia orang nya!! (gathering 2009)

tapi kalau melihat Bapak di masa pensiunnya malah semakin sehat dan semakin bersemangat, semakin rajin utk ke masjid, pengajian, senam dsb....
aku jg yakin, Capt Sudiman pasti akan melalui hari-hari baru nya di rumah di tengah keluarga tercinta...
aku yakin DV akan selalu mengingat Capt Sudiman sebagai sosok yang menjadi panutan, bapak audit, pilot pesawat umroh, boss kami, orang Malang yg bijak, VP kami.... 

ga terasa, hari itu tiba
hari ketika keluarga besar DV akan melepaskan tokoh kami yang akan purna tugas tgl 31 Oktober mendatang...
nyaris bersamaan dengan purna tugas nya Presiden SBY....yang sbg informasi, umurnya jg hampir sama..

btw, berarti Bapakku, Capt Sudiman dan SBY memang mirip sih dari segi umur.. yg beda, Capt Sudiman dan SBY sudah punya cucu, dan Bapakku belom.....
wahahhahahhahahhha..... (skip skip ah)

semoga apa yg diberikan Capt Sudiman selama berkarya di Garuda sebagai apapun, baik pilot, auditor, investigator, Senior Manager, hingga Vice President dapat menjadikannya sebagai tambahan pahala dan barokah beliau...
semoga kesehatan selalu diberikan kepada beliau
semoga kebahagiaan selalu dilimpahkan kepada beliau
semoga akan muncul Capt Sudiman baru di DV dan di Garuda tanpa perlu menghilangkan memori kami terhadap Capt. Sudiman Riyanto Noto
semoga Capt Sudiman dapat berkarya dalam hal yang lain
semoga Capt Sudiman dapat legowo utk memberikan maaf kepada kami, saya, terutama Capt... yang dulu datang sebagai anak muda ingusan, dan ikut berkembang menjadi dewasa hingga 6 tahun kemudian seperti sekarang...

terima kasih Capt. Sudiman....
terima kasih...







Comments

Anonymous said…
Sudiman teman lama kita.....sekarang bergabung dengan teman teman lama lain nya di Flybest Training Center.
www.flybest.co.id

Popular Posts